VSAT Perkembangannya dan peruntukannya

VSAT awal di Indonesia

VSAT masuk awal mula ke Indonesia tahun 1989 seiring dengan bermunculannya bank-bank swasta yang sangat membutuhkan sistem komunikasi online seperti ATM (Automated Teller Machine).

VSAT telah digunakan di lebih dari 120 negara dengan lebih dari 500.000 terminal terpasang. Solusi komunikasi hemat biaya yang ditawarkan VSAT menjadi pilihan berbagai sektor industri. Seringkali sektor Industri menghadapi kenyataan bahwa adopsi teknologi akan diikuti dengan kebutuhan biaya yang lebih tinggi. Biaya modal untuk sistem perangkat lengkap VSAT hingga pemasangannya terbilang sangat murah dibandingkan sistem perangkat terestrial.

Di Indonesia, dari awal penggunaan VSAT sebagai infrastruktur jaringan telekomunikasi merupakan pilihan tepat, mengingat Indonesia terdiri dari banyak pulau yang tersebar sehingga sulit dijangkau oleh teknologi komunikasi microwave maupun jaringan kabel. Selain kurang efektif, jaringan microwave maupun kabel tidak efisien karena instalasinya memakan waktu lama dan menelan biaya besar. Di samping itu, keduanya sangat rentan terhadap gangguan, sedangkan cakupan areanya pun sangat terbatas karena kendala geografis.

Temukan solusi VSAT internet dan VSAT internet di laut dari Karunia Sinergi.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *